Program Aplikasi Pengolah Kata Microsoft Word

Program aplikasi pengolah kata merupakan salah satu software (perangkat lunak) yang digolongkan dalam sub-grup aplikasi. Sebenarnya software itu sendiri dibedakan menjadi dua macam yaitu Software Sistem Operasi (OS) dan Software Aplikasi. Sistem Operasi digunakan untuk menerjemahkan bahasa mesin yang hanya dikenal oleh komputer dan untuk pengelolaan program. Sistem operasi contohnya Windows (Xp, 7, 8, 10), Mac, Linux dan sebagainya. Sedangkan Aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah angka, kata, database, data statistik, dan lain-lain. Contoh aplikasi misalnya MS Word, Excel, Corel, Photoshop dan sebagainya.

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan program aplikasi pengolahan kata yang biasa kita kenal dengan nama Microsoft Word. Microsoft Word (biasa diakronimkan dengan MS-Word) merupakan salah satu program aplikasi pengolah kata di bawah sistem Windows. Microsoft Word dapat digunakan untuk mengolah kata, data, teks, gambar, dan atau tabel dalam suatu naskah.

Program aplikasi ini memiliki beragam fitur dan kemudahan bagi penggunanya, misalnya simbol-simbol grafik (icon) dan keterangan-keterangan penjelasannya. Dengan bantuan icon-icon yang ada dalam layar monitor user dapat memahami maksud perintah dan dengan mudah mengoperasikannya.

Sebenarnya ada banyak sekali program pengolah kata yang ada saat ini seperti Wordstar, Chi Writer, Multimate, AMI Pro, Word Perfect, PFS Write, Turbo Sprint, Xerox Write, dll. Namun, kebanyakan saat ini masyarakat lebih menyukai program MS-Word sebagai program andalan untuk mengolah kata.

Dengan Memanfaatkan MS-Word sobat dapat menggunakan fasilitas untuk berbagai kebutuhan, antara lain membuat surat, undangan, dokumen, atau bahkan untuk menyusun naskah dalam berbagai kepentingan. Berbagai fitur menarik dapat sobat gunakan di MS-Word seperti model huruf, warna, ukuran font, dll. Selain itu, pemakai tidak perlu mengubah seluruh atau sebagaian  dari naskah yang sudah diketik untuk melakukan hal-hal seperi diatas. Hanya butuh waktu singkat sobat sudah bisa melakukan penggandaan naskah secara cepat.

Cara  Mengaktifkan Program Microsoft Word 
Agar sobat bisa mulai bekerja di MS-Word, pertama yang perlu sobat lakukan yaitu membuka program microsoft word yang sudah terinstall di laptop atau komputer dengan cara :

1. Menggunakan Bantuan Shortcut MS-Word
a. Carilah shortcut Word di bagian desktop komputer / laptop sobat
b. Selanjutnya klik 2x pada shortcut tersebut dan MS-Word akan terbuka dengan sendirinya.
Menggunakan Bantuan Shortcut MS-Word

2. Menggunakan Menu Start
a. Klik tombol START / Logo Windows
b. Gerakkan mouse ke menu All Programs
c. Selanjutnya cari folder program dengan nama Microsoft Word / Microsoft Office dan klik 1x pada folder tersebut, setelah itu akan muncul program-program.
d. Carilah program yang bernama Microsoft Word dan klik 1x, maka program akan membuka dengan otomatis.
Menggunakan Menu Start

3. Menggunakan File Dokumen MS-Word
a. Klik kanan pada START / Logo Windows dan pilih Explorer atau juga bisa dengan menekan tombol WINDOWS + E pada keyboard.
b. Cari file dokumen word yang pernah sobat simpan sebelumnya dan klik 2x maka program MS-Word akan otomatis terbuka dengan sendirinya + dengan data yang disimpan tadi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »