Cara Menulis Buku Harian yang Baik dan Benar

Sobat, tahukah kalain apa itu buku harian?
Buku harian merupakan buku berisi catatan berbagai peristiwa menarik yang dialami oleh seseorang. Catatan tersebut sangat bermanfaat apabila dibaca kembali, lebih-lebih setelah peristiwa menarik tersebut terlupakan. Ketika membaca catatan tersebut, kita dapat menggambarkan kembali kenangan lama, mempelajarinya, dan memanfaatkannya guna sebagai pengalaman agar bisa hidup lebih baik lagi. 

Buku Harian

Sebelum sobat menulis buku harian, ada beberapa hal yang musti sobat perhatikan agar catatan harian sobat lengkap dan bisa menggambarkan peristiwa tersebut. Seperti apa hal-hal yang harus diperhatikan tersebut ?

1. Hari dan tanggal peristiwa terjadi
2. Pokok-pokok isi peristiwa yang akan dituliskan
3. Kesan atau catatan pembuat buku harian terhadap peristiwa tersebut
4. Bahasa yang digunakan hendaknya ringkas, padat, tetapi menarik.

Setelah membaca uraian diatas apakah sobat sudah paham mengenai cara membuat buku harian?
Bila sobat masih belum paham dan bingung, baiklah saya akan kasih satu contoh buku harian yang dapat digunakan sebagai gambaran.

Contoh Buku Harian :

Senin, 6 Maret 2017
Pagi itu aku sangat terburu-buru berangkat ke sekolah dan hampir terlambat. Kemarin aku terlalu lelah bermain bola. Malamnya aku harus menyelesaikan PR sampai larut malam. Dasar keranjingan bola, pukul 23.00 aku masih berada di depan TV untuk menonton pertandingan tim favorit. Tahu enggak akibatnya? Terlambat bangun. Sekali lagi, TERLAMBAT BANGUN. Padahal, sebelum berangkat sekolah, aku harus mencetak hasil kunjungan sekolah ke Bali. Masihkah hal seperti itu kuulang? Seharusnya kamu sudah dapat mengatur dirimu sendiri, Ben . . .

Nah, seperti itu contoh buku harian yang cukup singkat, padat dan menarik. Silakan anda berlatih sendiri membuat buku harian kegiatan maupun peristiwa-peristiwa yang penting atau paling menyebalkan yang pernah sobat alami.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »