Jenis - Jenis Irigasi Yang Perlu Kalian Ketahui

Sebenarnya irigasi sudah dikenal sejak zaman dulu kala oleh nenek moyang kita bangsa Indonesia. Hal itu dapat dibuktikan dari cara bercocok tanam pada masa kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia. Pada waktu itu nenek moyang bangsa Indonesia menggunakan sistem irigasi yaitu dengan membendung sungai atau kali secara bergiliran untuk dialirkan ke sawah. Selain itu, ada juga yang melalui sumber air pegunungan dan disalurkan melalui bantuan bambu yang di sambung-sambung. Ada juga yang menggunakan cara membawa air menggunakan ember yang terbuat dari daun pinang dan dilemparkan langsung ke sawah secara terus-menerus. Cara seperti inilah yang dipakai oleh nenek moyang kita bangsa Indonesia untuk pengairan sawah mereka.

Jenis - Jenis Irigasi

Lalu seperti apa jenis-jenis irigasi saat ini. Apakah masih sama dengan zaman dahulu. Yuk simak jenis-jenis irigasi berikut ini :

Jenis - Jenis Irigasi

1. Irigasi Permukaan 
Merupakan sistem irigasi yang menyadap air langsung di sungai melalui bangunan bendung maupun melalui bangunan pengambilan bebas (free intake) kemudian air irigasi dialirkan secara gravitasi melalui saluran sampai ke lahan pertanian. Di sini dikenal saluran primer, sekunder, dan tersier. Pengaturan air ini dilakukan dengan pintu air. Prosesnya adalah gravitasi, tanah yang tinggi akan mendapat air lebih dulu.

2. Irigasi lokal  
Sistem ini air distribusikan dengan cara pipanisasi. Di sini juga berlaku gravitasi, di mana lahan yang tinggi mendapat air lebih dahulu. Namun air yang disebar hanya terbatas sekali atau secara lokal.

3. Irigasi dengan Penyemprotan
Penyemprotan biasanya dipakai penyemprot air atau sprinkle. Air yang disemprot akan seperti kabut, sehingga tanaman mendapat air dari atas, daun akan basah lebih dahulu, kemudian menetes ke akar.

4. Irigasi dengan sistem Pompa Air
Air diambil dari sumur dalam dan dinaikkan melalui pompa air, kemudian dialirkan dengan berbagai cara, misalnya dengan pipa atau saluran. Pada musim kemarau irigasi ini dapat terus mengairi sawah.

Share this

Related Posts

First